Obat Tradisionals

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, September 11, 2020

    Budi Arie Setiadi Canangkan Desa Bersih Narkoba di Gorontalo




    Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi atau yang akrab di sapa Budi Arie mencanangkan Desa Bersinar atau Bersih dari Narkoba dan menandatangani prasasti pencanangan di Taman Wisata Embung, Desa Hutadaa, Gorontalo. Peluncuran ini dihadiri ratusan penggerak antinarkoba desa, pejabat BNN, dan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama jajarannya. Sabtu (12/9)

    "Tidak mungkin desa maju tanpa kaum muda yang sehat dan bersemangat. Dan tidak mungkin kaum muda sehat jika terpapar narkoba," ujarnya.

    Menurut Wamendes, masyarakat desa harus terus bahu membahu membangun desa dan memerangi narkoba. Pemerintahan desa harus memberdayakan masyarakatnya, terutama kaum muda, untuk berinovasi dan terus berkarya.

    Budi Arie melihat Kabupaten Gorontalo mengalami kemajuan pesat di bawah Bupati Nelson Pamolango dan para kepala desa di 191 desa. Dia juga menyinggung penggunaan Dana Desa harus digunakan sepenuhnya bagi kepentingan kemajuan masyarakat.

    Wamendes memuji kreatifitas Desa Hutadaa yang telah membangun pasar dan embung wisata. "Ini bukti inovasi desa yang bagus. Lahan yang luas ini dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis.

    Budi Arie menyatakan siap membantu desa-desa di Kabupaten Gorontalo agar lebih maju lagi. Sebelumnya, Wamendes melihat Kawasan Wisata Hiu Laut Botu Barani, Kabupaten Bone Bolango.

    Setelah itu, Wamendes ditemani Bupati Nelson melihat sarana olahraga di atas fasilitas pengolahan air di Desa Tenggela. Kemudian meninjau pasar dan terakhir taman wisata embung di Desa Hutadaa.

    "Saya akan melihat dan terus mendorong gerakan ekonomi rakyat di perdesaan. Pandemi Covid-19 jangan membuat kegiatan ekonomi mandek," ujarnya.

    Wamendes Budi Arie juga terus mendorong peran kaum muda milenial dalam membangun desa. Dia mewanti-wanti kaum muda agar tidak alergi menjadi petani.

    "Kalau milenial tidak mau bertani, maka 10-20 tahun lagi siapa yang menyediakan pangan? Masak harus impor," katanya.

    Program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberantas peredaran narkoba dari pinggiran karena barang itu disinyalir lebih banyak diedarkan di desa dibandingkan di kota

    Program Desa Bersinar akan menjadi percontohan dalam hal penanganan narkoba di desa baik dalam hal penegakan hukum, maupun dalam hal rehabilitasi pecandu.

    Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) adalah program turunan dari Desa Bersinar khusus untuk rehabilitasi pecandu. (LEP)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments :

    Post a Comment

    Item Reviewed: Budi Arie Setiadi Canangkan Desa Bersih Narkoba di Gorontalo Rating: 5 Reviewed By: Le putra
    Scroll to Top