Baca Juga

Daerah (477) Nasional (231) Berita (113) Internasional (34) education (25) news (25) Berita Gema Nusantara (24) Duit (15) Nasiona (15) Tentang Narkoba (6) video (4) Gema (3) Peraturan (2) Profile (2) kesehatan (2) Teknologi (1) herbal (1)

Sabtu, 03 Oktober 2020

Seni Budaya, Media Pengetahuan Pemahaman Narkoba Menggugah Masyarakat Aktif Dalam P4GN

BY GentaraNews IN


Dalam Kampanye Stop Narkoba dalam Mini Festival Kulaba Tempo Dulu yang dilaksanakan di lapangan Kelurahan Kulaba dengan melibatkan Pemuda, Kepala BNNP Malut Brigjen Pol. M Arief Ramdhani, SIK ikut main Bara Masuen (Bambu Gila) yang berlangsung di Kelurahan Kulaba Kota Ternate. Sabtu (3/10).

Pagelaran senin budaya yang menggelar berbagai atraksi ini diantaranya tarian soya soya, puisi, tarian lalayon, dan bambu gila. Yang menarik bambu gila yang dalam bahasa setempat "bara masuen" merupakan salah satu permainan tradisional dengan aura mistis dimana bambu yang dipegang oleh 6-7 orang ini akan bergerak sendiri setelah dibacakan mantra oleh pemandu, dan mantan Dir Nrakoba Polda Bali inipun ikut main bersama pejabat dan personil BNNP. Tampak kepala BNNP Malut bersama tim BNNP berusaha menaklukan bambu yang bergerak tak beraturan mengikuti arahan pawang bambu.

Saat menyampaikan sambutan kepala BNNP Malut menyatakan kegiatan ini sebagai gerakan penyadaran, pemberian informasi, sosialisasi, dan kewaspadaan bahaya Narkoba kepada masyarakat.

Dikatakan Kulaba sebagai salah satu pintu masuk pariwisata di Kota Ternate mendorong BNNP Malut untuk menyelenggarakan pagelaran seni ini sehingga masyarakat khususnya para generasi milenial kreatif, sadar, sehat produktif dan bahagia tanpa Narkoba.Sambutan juga disampaikan ketua pemuda Kelurahan Kulaba, Julfikar Muhtar yang mengajak pemuda Kulaba untuk melakukan perubahan dengan kreatifitas tanpa menggunakan Narkoba.

Penanggung Jawab acara, Kabid P2M BNNP Malut, Drs. Hairuddin Umaternate, M.Si menyatakan tujuan pagelaran seni dan budaya sebagai media untuk pengetahuan dan pemahaman tentang Narkoba melalui kreatifitas seni dan budaya sekaligus menggugah masyarakat aktif dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. 

Acara yang menghadirkan masyarakat Kelurahan Kulaba ini diisi dengan pagelaran Seni dan budaya dari pemuda dan anak-anak di Kulaba diantaranya 

Pada kesempatan tersebut Kepala BNNP Malut juga menyerahkan display Narkoba kepada pihak Kelurahan Kulaba, serta bantuan bola voley untuk remaja putri dan bola kaki untuk remaja putra. Hadir dalam acara ini juga Lurah Kulaba, perwakilan Komunitas Jaringan Kota, Babinsa dan Babinkamtibmas Kulaba, juga masyarakat Kel.Kulaba Kota Ternate bersama personil BNNP Malut. (LEP)





Tutorial BloggingTutorial BloggingBlogger Tricks

Baca Juga