Obat Tradisionals

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, September 9, 2020

    Yopie 'Poco Poco' Latul Meninggal Dunia, Dimakamkan Besok

    google.com, pub-8333111027018224, DIRECT, f08c47fec0942fa0

    Pelantun lagu Poco-Poco, Yopie Latul telah menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, Rabu (9/9). Ia meninggal dunia di usianya yang ke-65. Yopie Latul lahir di Ambon, Maluku, pada 7 September 1955 

    Kabar meninggalnya Yopie Latul ini disampaikan langsung oleh kerabatnya, Minggus Tahitoe yang disebar melalui pesan broadcast kepada para wartawan. Diketahui kalau sang maestro meninggal dunia setelah dinyatakan positif Covid-19. Ia akan dimakamkan besok setelah jenazahnya dikremasi.



    Positif Covid-19

    Dari informasi yang beredar, Yopie Latul diduga meninggal dunia karena Covid-19. Pasalnya, sehari sebelum meninggal, tepatnya hari Selasa tanggal 8 September 2020, Yopie dilarikan ke rumah sakit karena dinyatakan positif Covid-19.

    Kabar bahwa Yopie Latul dinyatakan positif Covid-19 ini disampaikan langsung oleh putranya, Carllo Latul. Pria yang biasa disapa Rio ini menyampaikan kabar ini lewat Instagram story-nya.

    "Saya Carllo (Rio) Latul atas nama keluarga mau memberitahu bahwa benar, Ayah kami yang bernama Yopie Latul dinyatakan POSITIF CORONA dengan diagnosa OTG (Orang Tanpa Gejala)," tulis Rio.

    Makam Sebelah Glenn Fredly

    Jenazah Yopie akan dikremasi di Rumah Sakit Sentra Medica Cibinong pada Kamis besok (10/9). Nantinya mendiang akan diibadahkan dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Melalui informasi dari wartawan, kuburan Yopie akan bersebelahan dengan mendiang Glenn Fredly.

    Rekam Jejak Yopie Latul di Industri Musik.

    Mengawali karier di beberapa festival dan album Ambon Jazz Rock yang ikonis, siapa sangka Yopie Latul mengangkasa bersama hit rancak “Poco-poco” pada 1995.

    Berkat lagu Poco-poco tersebut, Yopie sempat mendapatkan penghargaan Piala Anugerah Musik Indonesia 2001, dengan kategori penyanyi Disco/ House Music/Rap/Dance music 

    1. Ayunkan Langkahmu

    Era 1980-an ditandai maraknya kompetisi untuk melahirkan penyanyi dan musisi berbakat. Hasil kompetisi direkam dalam album kompilasi dan diedarkan ke khalayak luas. Salah satu yang monumental, Festival Lagu Populer Indonesia 1986. Kontes ini menghasilkan 12 lagu keren.

    Album kompilasi ini mengedepankan single “Ayunkan Langkahmu” karya sang maestro Elfa Secioria dan Wieke Gur. Dibawakan dengan penjiwaan tingkat tinggi oleh Yopie Latul, nama sang penyanyi pun meroket.

    2. Kembalikan Baliku

    “Kembalikan Baliku,” salah satu mahakarya Guruh Soekarnoputra yang mengantar Yopie Latul ke puncak tertinggi karier. Lagu ini menjadi penutup album kompilasi kelas berat, Festival Lagu Populer Indonesia 1987.

    Hit legendaris ini diganjar Kawakami Awards saat mewakili Indonesia di ajang World Pop Song Festival di Tokyo, beberapa tahun sebelumnya. Tak heran, hingga kini “Kembalikan Baliku” melekat pada Yopie Latul.

    Apa jadinya jika dua vokalis dengan teknik menyanyi tingkat dewa bertemu dalam sebuah lagu? Anda bisa menyimak “Bila” karya Jossie Hitijahubessy dan Olvie Heumase yang dinyanyikan duet maut Trie Utami-Yopie Latul.

    Nomor dahsyat ini menjadi pemenang pertama Festival Lagu Populer Indonesia 1989-1990. Albumnya sendiri dirilis Harpa Record dan cukup disambut khalayak.

    4. Jalan Masih Panjang

    Masih dari tahun 1989, ada album kompilasi Jalan Masih Panjang yang mengguncang pasar lantaran diperkuat 16 artis papan atas. Album ini memfiturkan 10 tembang dengan single perdana “Jalan Masih Panjang.”

    Lagu berdurasi 5 menit dan 58 detik ini dinyanyikan 7 Bintang, salah satunya Yopie Latul. Ada yang masih ingat liriknya? Hidup ini berat tapi jangan takut, kawan… Semua pengorbanan, selalu menjadikan bahagia…

    Lagi-lagi Yopie Latul tampil dalam album kompilasi, kali ini Simalakama II dengan single berjudul sama. “Simalakama II” dilantun Yopie Latul bersama Nonon Aryanti. Cukup sukses pada 1993.

    Melilik di situs berbagi video YouTube, lagu ini kembali dinyanyikan Rama Aiphama dan dibahas khalayak saat dibawakan Soimah di sebuah acara varietas layar kaca sekitar tahun 2013.

    5. Simalakama

    Lagi-lagi Yopie Latul tampil dalam album kompilasi, kali ini Simalakama II dengan single berjudul sama. “Simalakama II” dilantun Yopie Latul bersama Nonon Aryanti. Cukup sukses pada 1993.

    Melilik di situs berbagi video YouTube, lagu ini kembali dinyanyikan Rama Aiphama dan dibahas khalayak saat dibawakan Soimah di sebuah acara varietas layar kaca sekitar tahun 2013



    6. Poco-poco

    Di era itu, “Poco-poco” jadi lagu wajib untuk senam para ibu di kompleks perumahan. Bersama tembang ini, Yopie Latul meraih Piala AMI Awards 2001 di kategori Bidang Disco/ House Music/ Rap/ Dance Music. (LEP)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments :

    Post a Comment

    Item Reviewed: Yopie 'Poco Poco' Latul Meninggal Dunia, Dimakamkan Besok Rating: 5 Reviewed By: Le putra
    Scroll to Top