Baca Juga

Daerah (477) Nasional (231) Berita (114) Internasional (34) education (26) news (25) Berita Gema Nusantara (24) Duit (15) Nasiona (15) Tentang Narkoba (6) video (4) Gema (3) Peraturan (2) Profile (2) Teknologi (2) kesehatan (2) Financial (1) herbal (1)

Sabtu, 28 Januari 2023

Teuku Arifin, SH, MH Ketua Satgas Ika Menwa Seroja Timor Timur Korwil DKI Jakarta

BY GentaraNews IN ,


Jakarta – Brigjen TNI (Purn) Harsanto Adi sebagai Ketua Umum Ika Menwa Seroja Timor Timur, melantik Teuku Arifin, SH, MH satgas Timor Timur IV alumni Universitas Pancasila. Sebagai Ketua korwil DKI Jakarta periode 2022 – 2026. Acara ini berlangsung di lantai 22 Gedung G Balaikota Pemerintah provinsi DKI Jakarta. Jumat (27/01/23).

Acara dihadiri oleh Pangdam Jaya yang diwakili Aster Dam, Kolonel Stevi, dirbinmas Polda, AKBP Vivick, mewakili Kapolda Metro Jaya, Mayjen TNI (Purn) Afanti, mewakili Ketua PPAD, Kepala Badan Kesbangpol Pemprov DKI Jakarta, Taufan Bakrie, mewakili PJ Gubernur DKI Jakarta, Para purnawirawan TNI AD selaku pembina Ika Menwa Seroja Timor Timur dan segenap anggota Ika Menwa Seroja Timor Timur

Mengusung tema : Didasari nilai patriotisme dan nasionalisme Ika Menwa Seroja Timor Timur bertekat bulat melanjutkan pengabdian untuk bangsa dan negara hingga akhir hayat.

Dalam sambutan Brigjen TNI (Purn) Harsanto Adi : “anggota Ika Menwa Seroja gak akan bertambah, tapi akan habis dimakan usia. Butuh pengakuan negara untuk eksistensi Menwa dengan lahirnya regulasi tentang kemenwaan sebagai kekuatan potensial pertahanan negara yang menjadi anak kandung TNI.”

Pangdam diwakili Aster : “Menwa dan alumninya harus diberi ruang dan landasan hukum kuat agar kedaulatan dan keutuhan NKRI memiliki kekuatan utuh”


Sekilas sejarah

Sejarah menempatkan Pemuda dan Mahasiswa menjadi bagian terpenting dalam perjuangan bangsa Indonesia. Terlebih saat perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang dibentuk pada 23 Agustus 1945 sebagai cikal bakal Tentara Nasional Indonesia (TNI) melibatkan peran pemuda pelajar/mahasiswa dengan kelompok Tentara Pelajar (TP) yang kemudian menjadi Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP), Tentara Genie Pelajar (TGP), Mobilisasi Pelajar dan Corps Mahasiswa (CM). Kesatuan para pelajar/mahasiswa itu kemudian dilebur menjadi Brigade 17.

Meski pemerintah melikuidasi dan demobilisasi Brigade 17 pada 31 Januari 1952, peran pemuda pelajar/mahasiswa untuk terjun secara langsung dalam usaha dan upaya bela Negara tidaklah berhenti.

Berbagai upaya politik maupun militer yang berusaha merongrong kedaulatan serta keutuhan bangsa dan Negara, membangkitkan kembali semangat juang pemuda pelajar/mahasiswa untuk ambil bagian menjaga keutuhan dan kehormatan bangsa.

Mulai dari penumpasan DI/TII, PRRI/ Permesta, bahkan menangkal kekuatan komunis milik PKI, mahasiswa membentuk yang namanya Wajib Latih Mahasiswa (Walawa) sebagai cikal lahirnya Resimen Mahasiswa.

Di masa pemerintahan Orde Baru, peran Menwa tak kalah heroiknya. Salah satunya adalah pengiriman personil Menwa ke wilayah konflik, baik yang tergabung dalam pasukan Garuda di luar negeri, maupun yang tergabung dalam Rotasi/Satgas Dharma Bhakti Menwa ke Timor Timur saat masih menjadi bagian dari Republik ini.

Sejak tahun 1978 hingga menjelang masa referendum, Menwa terlibat aktif dalam operasi Seroja Timor Timur. Tiap tahun, 1-2 gelombang satuan tugas Menwa mendarat di bumi Lorosae, menjalankan operasi militer baik perang maupun non perang ( operasi territorial).

Para alumni Menwa yang pernah ditugaskan ke wilayah Timor Timur sejak angkatan pertama hingga terakhir dari berbagai kampus/satuan menwa di seluruh daerah ini kemudian menyatukan diri dalam wadah Ikatan Keluarga Alumni Resimen mahasiswa Seroja Timor Timur (Ika Menwa Seroja Timor Timur).

Selain sebagai wadah silaturahmi, Ika Menwa Seroja Timor Timur merupakan organisasi yang bertujuan ikut serta membangun bangsa dan Negara melalui pengabdian di berbagai bidang profesi dengan semangat semboyan AGNI ABHINAYA ABADI (Semangat yang tak kunjung padam).

Para personil Ika Menwa Seroja berkiprah di berbagai daerah dengan berbagai profesi baik di institusi Negara/pemerintah seperti TNI-Polri dan ASN maupun lembaga swasta.

Pimpinan pusat Ika Menwa Seroja yang berkedudukan di ibukota Negara terbagi ke berbagai daerah dengan sebutan Kordinator Wilayah (Korwil) di semua provinsi. Jakarta sebagai barometer segala bidang di tanah air, memiliki peran pentingdan strategis. Apalagi dengan berbagai tantangan bangsa dan Negara ke depan. Untuk itu, Korwil DKI Jakarta juga menjadi bagian penting wadah para alumni Menwa khususnya yang pernah bertugas di wilayah Timor Timur.

Persoalan Ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan (IPOLEKSOSBUD-HANKAM) serta isu-isu global dan percepatan perkembangan teknologi, merupakan medan perang yang membakar semangat para anggota IKA seroja untuk melanjutkan pengabdian dan perjuangan hingga akhir hayat.









Tutorial BloggingTutorial BloggingBlogger Tricks

Baca Juga