Baca Juga

Jumat, 12 Agustus 2022

Finalis Duta Maritim Indonesia 2022 Milenial Berbasis Kewirausahaan

BY GentaraNews IN


Indonesia mampu membangkitkan daya saing dengan bangsa lain dengan meningkatkan kualitas, kuantitas, dan produk yang berkelanjutan (continue). Indonesia punya modal dasar atau potensi pembamgunan yang lengkap dan besar untuk menjadi negara maju, adil,makmur, dan berdaulat. Ada beberapa modal dasar pembamgunan Indonesia diantaranya yaitu jumlah penduduk 274 juta orang dan Indonesia merupakan negara terbesar keempat di dunia. Selanjutnya yaitu Indonesia kaya akan Sumber Daya Alam baik didarat maupun dilaut. Lalu Posisi geoekonomi dan geopolitik yang sangat strategis, dan Indonesia Rawan bencana alam yang besarnya 70%. Bencana yang ada menjadikan bangsa Indonesia memiliki permasalahan dan pengalaman untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Bapak Prof juga menjelaskan permasalahan dan tantangan pembangunan Indonesia yaitu pertumbuhan ekonomi rendah dan terjadinya pengangguran maupun kemiskinan. Beliau juga menjelaskan mengenai kunci Global Trends diantaranya yaitu pertumbuhan penduduk meningkat tiap tahun, percepatan mobilitas,dan lain-lain.

Pada Duta Maritim Indonesia tahun ini, diikuti pemuda-pemudi terbaik perwakilan dari provinsi di Indonesia. Setelah mengikuti rangkaian seleksi mulai dari administrasi, seleksi video dan wawancara akhirnya terpilih 46 pemuda/i yang akan mengikuti kegiatan selama 10 hari untuk ditanamkan nilai-nilai kemaritiman.

Finalis Duta Maritim diharapkan dapat bijak memanfaatkan media sosial, menjadi kader mewujudkan cita-cita kebangsaan, berperan dalam literasi maritim untuk selanjutnya berdaya membantu Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Hadir sebagai narasumber Prof.Dr.Ir. Rokhimin Dahuri, M.S yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan & Perikanan tahun 2001-2004 yaang menjelaskan mengenai Aplikasi industri 4.0 & Blue Economy untuk pendayagunaan potensi kemaritiman menuju Indonesia Emas 2045.



Agnes Dallis Evalinesuri menjadi salah satu finalis perwakilan provinsi Lampung yang hadir berdiskusi dengan Finalis Duta Maritim terpilih berjumlah 46 orang Pemuda dan Pemudi dari seluruh Indonesia mengenai Milenial Berbasis Kewirausahaan yang dipandu oleh Ajib Hamdani yang harus sadar akan besarnya pengaruh media sosial. ASPEKSINDO (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia) mengusung tema ‘Maritim Pulih Lebih Cepat, Maritim Bangkit Lebih Kuat’. Dalam mengukuhkan Sekolah Duta Maritim Indonesia Tahun 2022 ajarkan materi branding melalui media sosial kepada finalis Sekolah Duta Maritim Indonesia 2022. Materi branding melalui media sosialini merupakan salah satu materi penting dari banyaknya materi yang akan diajarkan kepada finalis







Tutorial BloggingTutorial BloggingBlogger Tricks

Baca Juga