Mengapa Harus ZENQIRA? Simak Keunggulanya.

Baca Juga

Daerah (484) Nasional (231) Berita (116) Internasional (34) education (26) news (26) Berita Gema Nusantara (24) Nasiona (16) Duit (15) Tentang Narkoba (6) Gema (4) video (4) Pilkada 2024 (3) Teknologi (3) Peraturan (2) Profile (2) kesehatan (2) opini (2) Financial (1) herbal (1)

Jumat, 06 Oktober 2023

Tenun Songket Wastra Tradisional Indonesia Warisan Dunia

BY GentaraNews IN



Jakarta - Badan Penghubung Propinsi Riau bekerja sama dengan KADIIFA (Komuditas Fashion Art dan UMKM. Red) melaksanakan kegiatan Festival Tari Tenun dan Songket 2023 dengan tema "Pemicu dan Peningkatan Kepedulian Terhadap Para Pengrajin Tenun Songket Indonesia" yang di 21 Sanggar di anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah. Jum'at 6 Oktober 2023.

Acara ini juga dihadiri Wakil Walikota Jakarta Timur Mutmainah, S. Sos, Msi,
beberapa Kepala anjungan kepala Daerah, Kasubangpol Jakarta Timur, Anggota FPK (Forum Pembauran Kebangsaan) Jakarta Timur.

Dalam sambutannya kepala anjungan Riau Drs. H. Zulfikar mengatakan, bahwa "Terima kasih atas kepercayaan anjungan Riau menjadi tempat pelaksanaan lomba (festival tari tenun dan songket 2023. Red), " ucapnya

"kegiatan ini diikuti sanggar dari Depok, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur" jelas Zukfikar.

"Acara ini merupakan rangkaian acara peringatan hari tenun nasional 7 September yang akan digelar di GBK tanggal 25-29 November  2023, " tambah Zulfikar.

Tenun dan Songket Tradisional Indonesia Sebagai Warisan Dunia, Ciri Khas Serta Identitas Bangsa, Merupakan Perekat Komponen Bangsa Dalam NKRI," Pungkas Zulfikar yang akrab di panggil Datuk

Ketua Umum KADIIFA Prof. DR. Hj. Anna Mariana, SH, MH, MBA menjelaskan
Sejarah Tenun & songket. Kain tradisional atau wastra traditional Indonesia telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat nusantara sejak zaman prasejarah yang tak hanya menjadi seperangkat sandang dengan nilai fungsional. Kehadirannya telah terbukti menjadi perangkat sosial budaya yang menjadi bagian dari sejarah, penyandang perekonomian masyarakat, pengikat kekerabatan antar suku dan menjadi kebanggaan negeri mewarnai keragaman budaya Indonesia secara utuh.


Tenun & songket adalah satu artefak dalam budaya yang berperanan sebagai salah satu jatidiri suku bangsa khusus bagi masyarakat Melayu, yang merupakan salah satu etnis terbesar di dunia yang sebarannya mencakup kawasan Asean dan sarat dengan pengaruh ajaran Islam.

Prof. Dr. Hj. Anna Mariana SH., MH., MBA adalah Tokoh Pengabdi Budaya Indonesia yang Peduli dalam hal Membina, Mengembangkan, Melestarikan, dan Mengangkat Pengrajin Tenun, Songket Tradisional Nusantara Menjadi Kebanggaan Indonesia hingga Mancanegara. Melestarikan, mengembangkan serta melindungi warisan budaya tradisional tenun dan songket sebagai ciri khas dan jati diri bangsa

Konsistensi dan kiprahnya kurang lebih selama 36 tahun, hampir separuh lebih dari usianya, Anna Mariana telah mendedikasikan diri dalam mengembangkan dan melestarikan serta melindungi warisan budaya khususnya pada wastra tradisional tenun dan songket yang ada di seluruh kepulauan Indonesia.

"Acara ini merupakan satu kesatuan dari rangkaian acara peringatan hari tenun nasional 7 September yang akan digelar di GBK tanggal 25-29 November 2023, berikutnya acara rempah yang akan di adakan bulan Desembet 2023 di bandung Jawa  barat " tutup Anna Mariana.

Acara dibuka oleh Wakil Walikota Jakarta Timur Mutmainah, S. Sos, Msi

Acara lomba dibagi berdasarkan kelompok Umur 9-13 tahun, 14-17 tahun dan 18-23 tahun.

Keluar sebagai pemenang kelompok usia 9-13 tahun

Harapan 1 dari Sanggar SD Pancoran 01 Jaksel
Harapan 2 dari Sanggar Khaone Geusan Seni
Harapan 3 dari Sanggar Kemuning Cindo Nian
Juara 1 dari Sanggar Gitomaron
Juara 2 dari Sanggar Limpaphe Sumbat
Juara 3 dari Sanggar Lestari Ayu Bulan

Keluar sebagai pemenang kelompok usia 14-17 tahun

Harapan 1 dari Sanggar Lestari Ayu Bulan
Harapan 2 dari Sanggar SMPN 163 Jakarta
Harapan 3 dari Sanggar Xshokat Riau
Juara 1 dari Sanggar Matra Etnika Sumut
Juara 2 dari Sanggar Pringgondani Depok
Juara 3 dari Sanggar Anjungan Lampung

Keluar sebagai pemenang kelompok usia 18-24 tahun

Juara 1 dari Sanggar SPM Jambi
Juara 2 dari Sanggar Svadara Indonesia
Juara 3 dari Sanggar Maripat

Juara Umum di menangkan oleh Sanggar Geko Maron dari Surabaya.









(LEP)

Tutorial BloggingTutorial BloggingBlogger Tricks

Baca Juga