Baca Juga

Jumat, 25 Agustus 2023

Petrus Golose Ke Yunani

BY GentaraNews IN ,


Athena - Bertolak dari Albania ke Yunani, Kepala BNN RI didampingi Duta Besar Indonesia untuk Yunani, Y.M. Bebeb Abdul Kurnia Nugraha Djundjunan; Anggota Kelompok Ahli BNN RI bidang kerja sama internasional, Ambassador Harry James Kandou; Direktur PLRKM BNN, dr. Amrita Devi, SpKJ,M.; dan Direktur Intelijen BNN, Brigjen Pol. Ruddi Setiawan, S.H., S.I.K., M.H. melangsungkan pertemuan dengan Wakil Menteri Kesehatan Yunani, Dimitrios Vartzopoulos pada, Jumat (25/8).

Pemerintah Yunani menaruh perhatian sangat besar terhadap permasalahan kesehatan jiwa dan adiksi. "Saat ini dalam upaya kesehatan, pemerintah mengedepankan upaya pencegahan, reintegrasi sosial, dan layanan tambahan untuk mendukung proses pemulihan termasuk pendekatan harm reduction," ujar Dimitrios Vartzopoulos.

Wakil Menteri Kesehatan Yunani menambahkan seluruh pelaksanaan pengobatan narkotika di Yunani dilaksanakan oleh pemerintah termasuk layanan komplikasi penyakit fisik dan psikis akibat penyalahgunaan narkotika. Pemerintah juga menjalin kerjasama yang erat dengan para pihak non-pemerintahan dalam upaya rehabilitasi.

Untuk lembaga rehabilitasi komponen masyarakat hanya melakukan kegiatan pencegahan dan rehabilitasi tanpa pengobatan, berkaitan dengan rehabilitasi, Dimitrios menyebutkan Pemerintah Yunani memiliki tantangan berupa penertiban layanan rehabilitasi mewah yang marak beredar tanpa izin.

Sementara itu, Kepala BNN RI menyampaikan mengenai kebijakan BNN RI dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika di  melalui 4 strategi pendekatan yaitu hard power, soft power, smart power, dan cooperation.

BNN RI melakukan berbagai terobosan dalam upaya pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi dalam mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba. Salah satu terobosan dalam rehabilitasi adalah dengan membuat standardisasi lembaga rehabilitasi milik pemerintah. Mendengar penjelasan tersebut Wakil Menteri Kesehatan Yunani pun tertarik untuk belajar lebih lanjut kepada Indonesia.

Diakhir pertemuan, kedua pihak sepakat untuk mempererat jalinan kerja sama khususnya dalam pendekatan soft power.

Tutorial BloggingTutorial BloggingBlogger Tricks

Baca Juga