Baca Juga

Daerah (480) Nasional (231) Berita (115) Internasional (34) education (26) news (26) Berita Gema Nusantara (24) Nasiona (16) Duit (15) Tentang Narkoba (6) Gema (4) video (4) Teknologi (3) Peraturan (2) Pilkada 2024 (2) Profile (2) kesehatan (2) Financial (1) herbal (1) opini (1)

Sabtu, 17 Desember 2022

Irak Bakar 6 Ton Narkoba Sitaan Termasuk Ratusan Kilogram Ganja

BY GentaraNews IN


Irak membakar sekitar enam ton obat-obatan terlarang termasuk tumpukan besar ganja, captagon dan kokain pada hari Minggu (18/12/2022), dalam apa yang dikatakan para pejabat sebagai pemusnahan narkoba sitaan terbesar selama lebih dari satu dekade. (Sumber: France24)


BAGHDAD - Irak membakar sekitar enam ton obat-obatan terlarang termasuk tumpukan besar ganja, captagon dan kokain pada hari Minggu (18/12/2022), dalam apa yang dikatakan para pejabat sebagai pemusnahan narkoba sitaan terbesar selama lebih dari satu dekade.


Pejabat pemerintah, mengenakan baju putih dan masker wajah, menumpuk obat-obatan di lubang yang digali ke dalam pasir, menyiramnya dengan bahan bakar dan membakarnya, seperti laporan France24, Minggu (18/12/2022).

Menteri Kesehatan Saleh al-Hasnawi, berbicara pada acara di luar pangkalan militer di dekat ibu kota Baghdad mengatakan, itu adalah "operasi penghancuran sebesar ini" pertama sejak 2009.

Narkoba itu telah disita oleh "pasukan di perbatasan" dan tempat-tempat lain di Irak, katanya, beberapa di antaranya disimpan selama beberapa tahun.

Pasukan keamanan telah mengintensifkan operasi narkotika dalam beberapa tahun terakhir dengan pengumuman penyitaan dan penangkapan pengedar narkoba hampir setiap hari.

Daerah yang berbatasan dengan Iran telah menjadi jalur perdagangan narkoba utama, termasuk sabu-sabu.

Gumpalan besar asap hitam naik ke langit saat stok dibakar, termasuk 350 kilogram (770 pon) kokain dan 54 juta pil - termasuk lima juta pil captagon stimulan tipe amfetamin, kata seorang pejabat pemerintah.

Sejumlah sabu dan ganja juga dimusnahkan.

Sebagian besar obat-obatan yang dimusnahkan berasal dari Iran, tetapi Libanon dan negara tetangga Suriah juga menjadi sumber, kata pejabat pemerintah.

Sementara beberapa pengedar narkoba menggunakan Irak sebagai titik transit, negara itu juga mengalami ledakan penjualan dan konsumsi domestik dalam beberapa tahun terakhir.

Sumber : Kompas.TV



Tutorial BloggingTutorial BloggingBlogger Tricks

Baca Juga