Mengapa Harus ZENQIRA? Simak Keunggulanya.

Baca Juga

Daerah (482) Nasional (231) Berita (116) Internasional (34) education (26) news (26) Berita Gema Nusantara (24) Nasiona (16) Duit (15) Tentang Narkoba (6) Gema (4) video (4) Pilkada 2024 (3) Teknologi (3) Peraturan (2) Profile (2) kesehatan (2) opini (2) Financial (1) herbal (1)

Minggu, 26 Juni 2022

Pengukuhan KADIIFA Sebagai Mitra Kerja Pemerintah

BY GentaraNews IN ,


Jakarta- Pengukuhan Kepengurusan Dewan Pimpinan Nasional Komunitas Indonesia Internasional Fashion Art Dan UMKM (KADIIFA) yang berlangsung Selasar Anjungan Riau TMII, yang dilakukan oleh Direktur Drs. Drajat Wisnu Setyawan, M.M (Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan  Kemendagri). Minggu 26 Juni 2022.

Dalam sambutan Pengukuhan Direktur Bina Ideologi, Karakter  Wawasan Kebangsaan Kemendagri mengatakan, Kami Pemerintah dalam (Kemendagri, Red) memberikan apresiasi kepada KADIIFA yang akan menjadi mitra pemerintah dalam menggerakan UMKM", jelas Drajat Wisnu Setyawan.

"Kehadiran KADIIFA untuk memajukan UMKM dimasa pasca Covid-19 dibidang fashion dan handicraft patut diapresiasi untuk pemulihan ekonomi secara nasional", tambah Drajat Wisnu Setyawan

"Kolaborasi sinergitas dan kemitraan antara KADIIFA dengan pemerintah sebagai komunitas hingga ke tingkat Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia", tutup Direktur Bina Ideologi, Karakter  Wawasan Kebangsaan Kemendagri.

Dalam sambutanya ketua umum KADIIFA Prof. DR. Hj   Anna Mariana  SH,  MH, MBA mengucapkan banyak kepada Kemendagri dan pihak pihak lainnya yang terlibat pada kegiatan pengukuhan ini. Berkomitmen membantu pemerintah untuk mendorong para anggota yang merupakan para penggiat fashion dan kerajinan tangan tradisional ke kancah internasional.

Latar Belakang
Keberadaan Komunitas Indonesia Internasional Fashion Art dan UMKM (KADIIFA) adalah unt berkomitmen membantu pemerintah untuk mendorong para anggota yang merupakan para penggiat fashion untuk mengangkat wastra tradisional menggali Tenun dan Songket sebagai salah satu budaya yang perlu digali, dilestarikan dan dikembangkan untuk menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia.
Menjadikan Tenun dan Songket sebagai kebanggaan bangsa dan dijadikan gaya hidup dalam bebusana dan gaya hidup lainnya, lalu mengembangkan tenun dan songket menjadi ikon baru yang dikenal lebih luas lagu oleh masyarakat Indonesia.

Tujuan
Komunitas Indonesia Internasional Fashion Art dan UMKM (KADIIFA), diantara nya untuk :
- Membangun ketahanan sandang (kemandirian produk dalam negri).
-Mengembangkan potensi ekonomi (peningkatan pemasaran bagi kesejahteraan pengrajin serta pelaku usaha tenun dan songket di Indonesia UMKM/IKM).
- Mengembangkan informasi dan teknologi digital (industry dan perniagaan kain tenun dan songket).
- Memberdayakan sumber daya manusia (peningkatan produktifitas, kreatifitas dan kualitas).
-  Mengupayakan perlindungan hukum (terhadap Hak Cipta dan Kelayakan Intelektual Motif Tenun dan Songket).
-    Mengusulkan dan mengembalikan kurikulum Pendidikan (tenun dan songket untuk pengetahuan, pelestarian Keterampilan dan Regenerasi).
- Mendorong dan mewajibkan pengembangan pariwisata (kunjungan ke sentra sentra industri tradisional tenun dan songket di 34 propinsi)
- Mensinergikan program kerja (bekerjasama dengan kementrian dan berbagai pihak terkait).
 
Guna mencapai sasarannya Komunitas Indonesia Internasional Fashion Art dan UMKM (KADIIFA) akan melakukan :
-       Pengrajin Tenun dan Songket di Indonesia
-    Dekranas dan Dekrada di seluruh propinsi dan kabupaten/kota.
-        Pemilik dan kolektor Tenun dan Songket.
- Perancang dan Desainer nasional dan internasional.
-        UMKM dan IKM Tenun dan Songket.
-        Kumunitas budaya dan kain nusantara
-    Generasi milenial Gen. Z, masa kini dan akan datang (dalam maupun luar negri).

Reporter : Aldo
Editot : Le Putra

Tutorial BloggingTutorial BloggingBlogger Tricks

Baca Juga