Obat Tradisionals

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, November 20, 2020

    Sosialisasi Bersih dari Narkoba dan Test Urine Di Itjen Kemenkumham


    Dalam rangka mendukung target Rencana Aksi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penguatan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN) dan menindaklanjuti Surat Edaran Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor : ITJ.OT.02.01-03 Tanggal 26 Mei 2020 hal Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, mengadakan test urine dan sosialiasi bersih narkoba.

    Diikuti 273 orang yang terdiri dari ASN dan PPNPN di lingkungan Itjen Kemenkumham dengan tetap menjaga Disiplin Protokol Kesehatan, Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jakarta Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi bersih dari narkoba (BERSINAR) dan test urine. Bertempat di Auditorium Itjen Kemenkumham.

    Kepala Bagian Program Humas dan Pelaporan yang mewakili Sekretaris Inspektorat Jenderal Nanih Kusnanihdalam membacakan Laporan Kegiatan, mengatakan, “Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 17 s.d. 18 November 2020, diikuti oleh 273 orang yang terdiri dari ASN dan PPNPN di lingkungan Itjen Kemenkumham secara tatap muka dan daring dengan tetap menjaga Disiplin Protokol Kesehatan,” ucapnya.

    "Sebagai Warga Negara Indonesia wajib mewaspadai maraknya peredaran narkoba baik dilingkungan bekerja maupun tempat tinggal, terutama para generasi muda, para generasi milenial agar dapat menjadi influencer bagi masyarakat sekitar membawakan pesan anti narkotika," tambahnya

    Marasidin, Inspektur Wilayah VI yang mewakili Inspektur Jenderal dalam membacakan sambutan kegiatan, mengatakan, “Pengetahuan yang kita dapat hari ini tentang Bersinar, agar dapat disampaikan dilingkungan keluarga, teman dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal masing-masing tentang bahaya penyalahgunaan narkotika,” ucapnya

    “Karena memberantas narkoba harus dilakukan oleh semua pihak, baik instansi pemerintah, pihak swasta dan masyarakat. Pertama, masyarakat perlu mengetahui golongan dan jenis narkoba ini; Kedua, mengetahui ciri-ciri pengguna narkoba; Ketiga, nantinya, kita harus tahu risiko atau bahaya menggunakan obat-obatan terlarang tersebut dan jika telah dipahami maka tidak berani untuk mencoba-coba apalagi menjadi pengguna/ pengedera,” tutur Marasidin.

    Dik Dik Kusnadi, Kepala BNN Kota Jakarta Selatan memaparkan potret permasalahan narkoba di Indonesia yang disebabkan dari beberapa aspek yakni geografis yang terbuka, demografis yang sangat besar, serta rendahnya tingkat kesadaran serta kepedulian masyarakat tentang bahaya narkoba.

    "Selain itu juga minimnya fasilitas dan aksestabilitas layanan rehabilitasi pecandu narkoba, sistem penegakkan hukum yang belum mampu memberikan efek jera kepada penjahat narkoba, modus operandi dan variasi jenis narkoba yang terus berkembang, Lapas yang bertransformasi menjadi pusat kendali peredaran gelap narkoba dan kerugian akibat penyalahgunaan narkoba sekitar 63,1 trilyun rupiah (biaya privat & sosial)," tambah Dik Dik Kusnadi

    Pada kesempatan yang sama, Dessy Wijayanti, Kasie Bidang Rehabilitasi BNN Kota Jakarta Selatan menjelaskan langkah yang harus dilakukan bila terdapat keluarga, kerabat atau tetangga sebagai penyalahguna narkoba untuk di laporkan kepada Instansi Penerima Wajib Lapor (IPWIL) dan segera di rehabilitasi.

    "Tujuan rehabilitas yakni meningkatkan kemampuan kontrol emosi yang lebih baik, hidup lebih sehat serta produktif dan berhenti total dari ketergantungan narkoba," tambah Dessy Wijayanti. 

    Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Pakta integritas yang berisikan komitmen untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba oleh Ses Inspektorat dan para Inspektur wilayah 1-6 disaksikan oleh Kepala BNN kota Jakarta Selatan. (LEP)


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments :

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sosialisasi Bersih dari Narkoba dan Test Urine Di Itjen Kemenkumham Rating: 5 Reviewed By: Le putra
    Scroll to Top