Baca Juga

Rabu, 30 September 2020

BNN, Polisi, dan TNI Temukan 6 Ha di Madina

BY GentaraNews IN


Direktur Narkotika BNN RI Brigjen Pol Aldrin Hutabarat memusnahkan tanaman ganja dari tiga ladang di Pegunungan TOR Sihite, Desa Rao-Rao Panjaringan, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Rabu (30/9/2020).


Badan Narkotika Nasional (BNN RI) menggelar Operasi Pemberantasan Ladang Ganja seluas 6 Hektar di Pegunungan TOR Sihite, Desa Rao-Rao Panjaringan, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, yang berada di ketinggian 1.017 meter di atas permukaan laut (mdpl). Rabu (30/9/2020).

Tim Gabungan BNN RI dipimpin langsung Direktur Narkotika, Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI Brigjen Pol Aldrin Hutabarat. Total tim sebanyak 109 personel terdiri dari BNN RI, BNNK Madina, Propam Mabes Polri, Polres Madani, Kodim 0212 Tapanuli Selatan, Sat Brimob, dan Sat Pol PP. 

TIM Gabungan harus berjibaku berjalan kaki mendaki selama empat jam untuk mencapai lokasi ladang ganja tersebut.

“Bang berapa lama lagi?,” ujar seorang perempuan muda yang tampak kelelahan kepada pria setengah baya di sebelahnya sambil berjalan menapaki tanjakan di tengah hutan.

”Ya 15 menit lagi,” balas sang pria. ”Ahh nggak percaya. Dari tadi 15 menit terus,” tandas sang perempuan terlihat kesal setelah berjalan selama sekitar dua setengah jam lebih, namun belum sampai ke lokasi. Dan akhirnya, setelah satu jam berlalu, barulah perempuan itu tiba di lokasi.

Percakapan tersebut tampak saat Tim Gabungan menuju lokasi

Beberapa personel mengaku medan atau treknya cukup berat, bahkan ada yang bilang sangat berat. Selain konturnya ekstrem dengan kemiringan antara 30-80 derajat, kondisi tanah juga lembab atau basah. Akibatnya jalan menjadi licin.

Sejumlah personel ada yang terpeleset dan jatuh. Ada pula yang kakinya terkilir kemudian kram dan pegal-pegal. Keberadaan akar dan batang tanaman sangat membantu tim sebagai pegangan.

Selain trek ekstrem, gigitan hewan kecil seperti pacet juga dirasakan beberapa personel. Di sisi lain kabarnya masih ada hewan buas seperti harimau dan beruang. Meski masih disangsikan keberadaannya, namun menurut salah seorang personel, hewan tersebut muncul sekitar sore atau menjelang malam hari. Walau demikian, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, beberapa personel BNN Pusat dan Polri dipersenjatai peluru tajam.

Menurut Direktur Pemberantasan Narkotika BNN, Brigjen Pol. Aldrin Hutabarat, yang memimpin langsung operasi penggerebekan ladang ganja tersebut, luas ladang ganja mencapai enam hektar dan terbagi dalam tiga titik.

"Tanaman ganja yang ditemukan di kawasan perbukitan tersebut, diperkirakan telah berumur lima bulan. Kami melakukan penyelidikan selama satu pekan, dan berkat bantuan warga akhirnya ditemukan ladang ganja di perbukitan Tor Sihite, Madina," tuturnya.

Dia menyebutkan, hingga saat ini ganja masih menjadi narkotika nomor satu yang paling diminati para pecandu di tanah air. Hal ini memicu harga jual ganja semakin tinggi, dan membuat upaya menanam ganja terus tumbuh subur.

Petugas gabungan berhasil mencabut sebanyak 25 ribu batang tanaman ganja di kawasan perbukitan Tor Sihite, Madina, yang beratnya mencapai 10 ton. Ganja tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.

Brigjen Pol Aldrin Hutabarat menjelaskan, dari luas enam ha ladang ganja itu terdapat sebesar 25.000 batang dengan berat basah tanaman berkisar 10 ton. Sementara jarak tanam antar batang sekitar 50 centimeter (cm) dengan ketinggian tanaman bervariatif antara 30-150 cm.

Bagaimana dengan pelaku? ”Saat ini kita masih lakukan penyelidikan. Pelaku bisa dijerat Pasal 111 Ayat (2) UU No 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup,” jelas Aldrin Hutabarat

"Memang daerah ganja terbesar setelah Aceh, yakni wilayah Madina, Sumut. Untuk mempersempit ruang gerak pelaku, pihaknya sudah menyarankan kepada Plt Bupati Madina untuk membuka akses jalan ke lokasi penanaman ganja. Dengan demikian, tidak ada lagi daerah terpencil," ungkap Aldrin Hutabarat.

”Jika jalan itu sudah terbangun, kemungkinan ada pos polisi dan kegiatan patroli kamtibmas,” ujar Aldrin Hutabarat lagi.

Terkait perkembangan Program Grand Design Alternative Development (GDAD), Kasubdit Masyarakat Desa Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN Hendrajid P. Widagdo menjelaskan, sejauh ini Program GDAD mendapat dukungan dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) serta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Bahkan dalam Peraturan Menko PMK membantu kegiatan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika).

”Di Aceh sudah panen jagung seluas 11.017 ha. Di Gayo kita kembangkan sektor-sektor kebutuhan ekonomi seperti pengairan. Kita juga menerapkan pola non-pertanian. Ini sudah banyak capaiannya,” jelas dia.

Bagaimana dengan di Madina? ”Wilayah Madina masih menjadi prioritas kita setelah Aceh. Bupati Madina incumbent sudah menetapkan perhutanan sosial seluas 403 ha di empat desa kawasan TOR Sihite. Wilayah itu akan dikembangkan komoditas kopi mandailing. Untuk bibit, Kementan memberikan bantuan bibit kopi,” ujar Hendrajid.

"Kami akan mengajak masyarakat di sekitar perbukitan Tor Sihite, Madina, untuk tidak lagi menanam ganja. Dan beralih ke tanaman produktif seperti pisang, nanas, dan cabai," terang Hendrajid

Sementara tiga ladang ganja yang barusan dimusnahkan BNN, lanjut dia, akan dikembalikan fungsinya sebagai kawasan hutan lindung. ”Ini karena wilayah itu berstatus hutan lindung,” tandas Hendrajid. (LEP)


Tutorial BloggingTutorial BloggingBlogger Tricks

Baca Juga