Obat Tradisionals

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Sunday, September 6, 2020

    Stres Pandemi Akibat Sepi Job dan Adiksi Narkoba

    Kasus narkoba kembali menghampiri dunia hiburan Tanah Air. 6 bulan Indonesia dilanda pandemi Covid-19.Sederet selebriti Tanah Air tersandung kasus narkob. Banyak menghabiskan waktu di rumah lantaran tak ada tawaran pekerjaan menjadi alasan mereka mengonsumsi narkoba.

    Lantas adakah kaitan antara artis yang mengonsumsi narkoba dan pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal Maret lalu ?


    Mari kita simak pendapat Psikolog Klinis dan Forensik Dra. A. Kasandra Putranto yang beralamat praktek Jl. Kramat Pela Raya No. 210, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160, Indonesia, Landmark : Dekat Blok M Plaza bahwa, "kemungkinan adanya kaitan antara pandemi Covid-19 dan makin banyaknya artis yang mengonsumsi barang haram tersebut. Memang memberikan tekanan kepada mereka yang rentan secara fisik, mental, dan sosial, tak terkecuali pada artis yang kini mulai jarang mendapat tawaran pekerjaan," jelasnya Minggu (6/9/20)

    Tekanan-tekanan itu bisa menyebabkan seseorang depresi. Apalagi, mereka yang memang sudah mengidap masalah psikologis sebelumnya," ungkap Kasandra Putranto yang jebolan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 1991

    Depresi tersebut, terang dia, pada orang tertentu bisa menjadi pemicu untuk kecanduan narkoba alias adiksi. "Adiksi dan depresi adalah dua gangguan yang saling terkait satu sama lain. Umumnya mereka yang mengalami adiksi juga mengalami depresi. Dan sebaliknya, mereka yang mengalami depresi akan dengan mudah terjerat adiksi," tambah Kasandra Putranto, ibu tiga anak yang tinggal di bilangan Cipete, Jakarta Selatan.

    "Potensi seseorang yang mengalami depresi berujung mengonsumsi narkoba akan semakin besar jika dia sudah memiliki riwayat adiksi sebelumnya,"
    tutur istri dari A. Putranto menambahkan

    "Dengan kata lain, artis yang sepi job jika tidak memiliki depresi harusnya sih akan tetap baik-baik saja," ucapnya.

    Bagi mereka yang mengalami depresi, lanjut dia, tak seharusnya berujung dengan mengonsumsi narkoba. Mereka sebaiknya memilih untuk menjalani terapi.

    "Depresi dan adiksi disebabkan karena gangguan otak kronis. (Oleh karena itu) harus berada dalam pengawasan dokter/psikiater dan psikolog untuk rehabilitasi," ucapnya.

    Berikur deretan artis yang tersandung penyalahgunaan narkoba selama Pandemi Covid-19.


    1. Roy Kiyoshi

    Presenter Roy Kiyoshi diamankan Polres Metro Jakarta Selatan di wilayah Cengkareng Indah, Jakarta Barat Rabu (6/5/2020). Dengan barang bukti 21 butir pil psikotropika. 


    2. Dwi Sasono

    Dwi Sasono, Suami Widi Mulia ini diamankan oleh Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada 26 Mei 2020 di rumahnya yang terletak di kawasan Pondok Labu.


    3. Jerry Lawalata

    Aktor sekaligus produser Jerry Lawalata .
    Ditangkap Satresnarkoba Polres Jakarta Utara pada Jumat (12/9/2020) di kediamannya yang terletak di daerah Kepala Gading, Jakarta Utara.


    4. Catherine Wilson

    Model cantik Catherine Wilson, ditangkap di Polisi kediamannya di Jalan Haji Soleh Nomor 11, Pangkalan Jati, Cinere, pada 17 Juli 2020 lalu.



    5. Anton J-Rocks

    Drummer band J-Rocks Anton Rudi Kelces. Ia diamankan Satresnarkoba Polres Tanjung Priok di rumahnya yang terletak di kawasan Serpong, Tangerang. Polisi menyita satu paket ganja dari penangkapan hari Jumat 21 Agustus 2020.


    6. Jaka Hidayat eks BIP

    Jaka Hidayat ex drummer BIP, Ia ditangkap Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Utara di sebuah hotel di kawasan Jakarta Utara dengan barang bukti Sabu 0,34 Gram.

    7. Reza Artamevia

    Reza Artamevia, Ia ditangkap sebuah restoran di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur dengan barang bukti sabu seberat 0,78 gram. Jum'at (4/9/2020). (LEP)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments :

    Post a Comment

    Item Reviewed: Stres Pandemi Akibat Sepi Job dan Adiksi Narkoba Rating: 5 Reviewed By: Le putra
    Scroll to Top