Obat Tradisionals Ampuh dan Aman

  • Latest News

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Jumat, 12 April 2019

    Ada 30% Pengguna Narkoba Berasal Dari Pelajar Dan Mahasiswa

    Pengguna narkoba di Indonesia mencapai 5,1 juta orang, dan itu terbesar di Asia. Dari jumlah itu, 30% di antaranya berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Data yang ada sekitar 20 ribu dari total 1,3 juta jiwa yang ada di Kota Tangerang Selatan sebagai pengguna aktif Narkotika.

    Pada 2018, untuk usia pelajar, paling banyak memakai narkotika jenis ganja dan obat-obatan terlarang. Mereka juga menenggak miras. Sedang dari golongan pekerja, dan lainnya banyak yang menggunakan jenis sabu.

    Nurhadi Abdullah mencermati data bahwa, "Tahun 2017 dan 2016, rata-rata pemakai sabu, ganja dan obat. Untuk anak-anak yang usia 13 tahun, dia awalnya memakai ganja dan obat, lalu sabu," ujarnya. Barang-barang itu, banyak didatangkan dari Aceh dan luar Kota Tangsel. Sedang para pengedarnya, banyak yang berasal dari warga Kota Tangsel sendiri. Mereka menjadi pemasok barang-barang itu.

    Banyak anak usia sekolah yang melakukan penyalahgunaan narkoba. Gema Nusantara Anti Narkoba (Gentara) akan mendorong kerja sama lintas Institusi  antara BNN, Dinas Pendidikan, ORMAS/LSM, Organisasi ke-Wartawan-an, Komite Sekolah dalam memberantas penyebaran narkotika khususnya di pendidikan jenjang menengah.

    “30 persen usia sekolah sudah tekena narkotika. 50 persen selanjutnya adalah pekerja. Tapi usia pekerja itu pun dimulai dari umur 15 tahun. Itu pun masih usia sekolah,” ujar Nurhadi Abdullah.

    Menurut Buku Pencegahan Bahaya  Narkoba di  Lingkungan SMP & SMA / SMK Sederajat yang dikeluarkan oleh BNN, penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah menjadi sangat mengkhawatirkan. Sebagai Remaja perlu bersiap diri untuk terus memproteksi diri agar tidak terjerumus dengan melibatkan diri pada aktivitas yang positif. Apalagi umumnya para pengedar mencari tempat-tempat yang sepi, jarang dipantau oleh guru atau keamanan sekolah.

    Maka dari itu, segenap pengurus Gema Nusantara Anti Narkoba (Gentara) Kota Tangerang Selatan melihat aksi yang dilaksanakan oleh BNN Kota Tangerang Selatan melakukan beberapa strategi untuk menekan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Pendidikan akan bahaya penyalahgunaan narkoba di sekolah-sekolah juga merupakan salah satu bentuk kampanye anti penyalahgunaan narkoba. Kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh siswa-siswi akan bahaya narkoba juga dapat memberikan andil terhadap meluasnya  penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar.

    Nurhadi Abdullah selaku Ketua DPD Gema Nusantara Anti Narkoba (Gentara) Kota Tangerang Selatan menyimpulkan, “Ada beberapa hal yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di sekolah. Pertama, kumpul bersama keluarga, konseling sebaya, membentuk Anti Drug Abuse (ADA) Crew, aktif mengikuti ekstrakulikuler dengan kegiatan positif dan kreativitas anti drugs seperti graffiti, karikatur, yoyo, hingga recycle on drugs abuse prevention” tutup nya.

    LEP
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ada 30% Pengguna Narkoba Berasal Dari Pelajar Dan Mahasiswa Rating: 5 Reviewed By: Le putra
    Scroll to Top